Ruang Lingkup dan Tujuan

PDF Cetak Email

RUANG LINGKUP

  1. Rencana Kegiatan Pengelolaan Hutan pada RKU berbasis IHMB periode tahun 2010-2019.
  2. Penjelasan mengenai sumberdaya hutan dan lingkungan yang akan dikelola, status dan alokasi lahan, batas areal, kondisi sosial ekonomi masyarakat, dan profil lahan yang berbatasan dengan areal.
  3. Penjelasan mengenai sumberdaya hutan, ekologi dan keanekaragamn hayati, teknik inventarisasi dan pemantauan hutan, sistem silvikultur dan sistem pengelolaan hutan lainnya.
  4. Penentuan kuota tebang, pemilihan spesies pohon, sistem pemanenan, teknik silvikultur dan pemeliharaan areal bekas tebangan, dan teknik pemantauan pertumbuhan dan dinamika hutan.
  5. Perlindungan dan pemantauan aspek ekologi dan pengendalian dampak lingkungan dan pengelolaan HCVF.
  6. Kebutuhan kuantitatif dan kualitatif akan sumberdaya manusia, fasilitas dan infrastruktur, keselamatan dan kesehatan kerja, sistem informasi manajemen, dan monitoring / evaluasi.
  7. Pengelolaan aspek sosial ekonomi dan perkembangan regional di sekitar areal kerja.
  8. Peta-peta yang menggambarkan sumberdaya hutan dan lingkungan yang dikelola, tempat-tempat rencana kegiatan, batas-batas areal kegiatan, dan adanya dinamika aspek sosial ekonomi dan biofisik.



TUJUAN

Untuk menentukan elemen penting dan rencana kegiatan kehutanan selama periode berlangsung guna menciptakan keseimbangan antara kepentingan lingkungan dan sosial :

  • Pemanfaatan sumberdaya hutan secara rasional dan bijaksana di samping mempertahankan produktifitas hutan.
  • Memberikan kepastian perlindungan sumberdaya hutan dan keanekaragaman hayati.
  • Memberikan peluang kerja dan keuntungan sumberdaya hutan lainnya bagi masyarakat lokal.
  • Peningkatan produk-produk dan jasa hutan, pendapatan dan devisa negara, kesempatan kerja, mengendalikan dampak negatif terhadap aspek lingkungan dan sosial, serta partisipasi masyarakat dalam perlindungan hutan dan aktifitas yang berkaitan dengan kehutanan.
  • Memberikan kepastian operasional kehutanan memenuhi standar sertifikasi lokal dan internasional.